Selasa, 30 Maret 2010

Tempat - tempat wisata di Tulungagung


Tulungagung memiliki banyak potensi pariwisata yang bisa diandalkan sebagai salah satu sumber pendapatan daerah. Sayangnya, masih banyak potensi pariwisata yang belum digarap secara baik oleh Pemerintah Kabupaten Tulungagung. Meski demikian, industri pariwisata di Tulungagung cukup berkembang dengan objek wisata andalan Pantai Popoh yang terletak di Kecamatan Besuki.

Tulungagung diuntungkan dengan letak geografis yang berada di tepi Samudera Hindia, sehingga memiliki banyak pantai yang menarik untuk dikunjungi selain Pantai Popoh, di antaranya Pantai Sidem, Pantai Brumbun, Pantai Sine, Pantai Molang, Pantai Klatak, Pantai Gerangan, dan Pantai Dlodo.

Selain objek wisata pantai, Tulungagung juga memiliki objek wisata alam lain, di antaranya Air Terjun Lawean di Kecamatan Sendang, Coban Alam di Kecamatan Campurdarat, Gua Selomangleng di Kecamatan Boyolangu, serta Gua Pasir di Kecamatan Sumbergempol. Di utara Tulungagung, objek wisata alam yang terkenal adalah Pesanggarahan Argo Wilis, Perkebunan Teh Penampean, serta Bendungan Wonorejo.

Bendungan Wonorejo atau lebih sering disebut Waduk Wonorejo menjadi obyek wisata terfavorit dibandingkan obyek wisata lain saat ini, dengan panorama serta lingkungan alam yang benar - benar serba hijau dan rindang. Hamparan air bendungan berwarna biru yang tenang menyapa pengunjung dan tak ada seorangpun yang tidak ingin kembali untuk mengunjunginya suatu saat nanti.

Jalan menuju ke lokasi waduk juga sangat mengasyikkan, ada dua jalur dari kota menuju lokasi obyek wisata yang pertama dari jalur selatan atau tepatnya dari kecamatan gondang menuju ke arah barat yaitu desa tiudan dan masih lurus ke barat dengan melewati persawahan dan sungai yang mengalir dari waduk wonorejo. Jalur yang kedua dari arah utara yaitu kecamatan kauman desa mojosari dan terus mengikuti jalan kearah barat yang sekelilingnya lebih banyak pohon - pohon sampai menuju lokasi tempat wisata.

Sesampainya disana kita bisa langsung menikmati suasana yang masih alami yang mungkin sudah jarang kita temui di obyek - obyek wisata lain...


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar